Kamis, 23 Agustus 2012

Saya selalu ingin pulang dengan tersenyum

Di peta Indonesia kotaku ini berada di kaki k pulau Sulawesi. Ia disebut dengan nama Raha. Lima hari sudah saya berada disini. Besok atau lusa saya sudah akan balik ke Manado untuk memulai kembali aktifitas kerja pada Senin nanti.

Sejak meninggalkan tanah kelahiranku ini sepuluh tahun yang lalu, sejak saat itu pula saya mulai belajar berpisah. Belajar bagaimana menabahkan rindu. Dari pelajaran berpisah dan merindu itu, saya menyimpan satu cita-cita untuk selalu pulang kesini paling tidak setahun sekali setiap Lebaran.

Pulang kampungku selalu sebentar saja. Namunpun demikian perjalanan pulang kampung telah menjadi semacam perjalanan spiritual setahun sekali, perjalanan pulang ke asal, perjalanan menziarahi tanah kelahiran sendiri. Perjalanan menziarahi ini untuk mengingatkan bahwa nantinya akan ada pulang yang sesungguhnya. Di bagian bumi yang mana nantinya saya tidak tahu. Saya tak akan pernah tahu. Ini hanya perihal menunggu giliran. Jika waktunya tiba kita pasti akan pulang. Pulang sendiri-sendiri.

Dengan menyadari kenyataan ini saya selalu berharap semoga ketabahan selalu menyertai dimana pun saya berada.

* * *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar