Rabu, 16 Maret 2011

bukan BCD (Bunga Citra Destari)


Lintasan pikiran, ide,.. ya, barangkali boleh saja disebut demikian. Saya menemukan tiga kata ini: berita, cerita, derita. Awalnya, saya hanya menemukan dua yang pertama. Setelah sadar bahwa abjad awalnya berurutan, b dan c, kemudian saya mencoba melanjutkan dengan abjad setelahnya. Saya lalu mendapatkan kata yang ketiga: derita.

Tidak puas dengan hanya tiga kata itu, saya mencoba dengan abjad yang lainnya: aerita, eerita, ferita, gerita, herita, ierita, jerita, kerita, lerita, merita, nerita, oerita, perita, qerita, rerita, serita, terita, uerita, verita, werita, xerita, yerita, zerita.

Akhirnya, mengikuti kelaziman yang selama ini didengar telinga saya, tiga kata itulah yang saya pilih. Lagipula letak ketiganya berdekatan, berurutan. Kau pernah mendengar kata-kata yang lainnya, yang sisanya?

* * *

Berita
Dariku, kau mungkin ingin menanyakan berita
Berita itu akan kau dengar sebagai cerita
Mungkin pasti, kau hanya akan suka berita yang baik-baik saja
Sebab berita baik, akan kau racik lagi menjadi cerita

Cerita
Okelah sekarang aku akan bercerita
Cerita tentang derita
Cerita ini aku dapat dari berita
Dari mulut ke mulut, sejak lama kala

Derita
Begini cerita dari mulut ke mulut itu
Katanya jika derita datang padamu
Lihatlah disekitarmu, jangan ke atasmu, menengoklah ke bawahmu
Sebab dengan begitu kau akan menemukan syukur, di derita itu

* * *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar